RSS

Meningkatkan Performa CD-RW Atau DVD-RW Drive

Tips berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan performa CD-RW atau DVD-RW drive yang memang memiliki peranan yang cukup tinggi dalam hal media storage (penyimpanan) alternatif, disamping kemampuannya untuk melakukan proses backup data-data penting yang anda miliki.

Lakukan hal-hal berikut agar CD-RW atau DVD-RW drive anda memiliki performa yang maksimal:

Bersihkan Optik
Optik sebagai 'jantung'nya sebuah barang elektronik memang sering menjadi pemicu utama terjadinya masalah. Bersihkan optik CD-RW atau DVD-RW dengan cairan khusus pembersih optik yang banyak tersedia di toko komputer

Khusus Untuk Membakar
Usahakan CD-RW atau DVD-RW drive anda hanya digunakan untuk melakukan proses burning saja, hal ini sangat berpengaruh untuk performa yang dihasilkan. Perlu diketahui, jika anda sering menggunakan CD-RW atau DVD-RW drive untuk proses baca, apalagi untuk membaca kepingan bajakan (seperti untuk menonoton film bajakan), hal tersebut dapat menurunkan kualitas optik dari CD-RW atau DVD-RW itu sendiri sehingga lama-kelamaan menjadi lemah

Pisahkan Kabel Data Dari Hardisk
Gunakan kabel data secara terpisah dari hardisk anda. Jika anda hanya memakai 1 kabel data yang berarti menggabungkan kabel data hardisk dengan CD-RW atau DVD-RW drive, sebaiknya anda membeli kabel data lagi khusus untuk CD-RW atau DVD-RW drive.

Gunakan Kecepatan yang Tidak Terlalu Tinggi Saat Burning
Gunakan kecepatan yang rendah saat proses pembakaran (burning) meskipun CD-RW atau DVD-RW drive anda memiliki spesifikasi kecepatan yang tinggi, karena dengan kecepatan yang rendah dapat lebih menjamin keberhasilan dan keakuratan pada proses penyalinan data, misalkan menggunakan dengan kecepatan 32X atau 16X

Menggunakan Kepingan CD / DVD yang Berkualitas
Anda dapat menggunakan kepingan CD / DVD yang berkualitas untuk dapat meningkatkan performa CD-RW atau DVD-RW anda, misalkan menggunakan kepingan CD / DVD merek Verbatim, Mediatech dan sebagainya.

Upgrade Software pembakar
Menggunakan software pembakar yang terbaru (update) dapat meningkatkan performa CD-RW atau DVD-RW drive karena biasanya pada versi yang lebih baru menyediakan fitur-fitur dan kestabilan yang lebih tinggi. Misalkan anda menggunakan software pembakar Nero maka gunakanlah dengan versi terbaru yang dapat diperoleh dari toko CD program, dari internet dan sebagainya.

Setting BIOS
Sesuaikan pengaturan pada BIOS dengan kecepatan dari CD-RW atau DVD-RW drive itu sendiri. Gunakan setingan Transfer Mode yang sesuai.

Semoga bermanfa'at

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar